APAKAH LOVEBIRD SEBELUM NAIK KONTES PERLU MAKAN KENYANG

Lovebird Kontes - Masih di jalur lovebird mania kategori burung kontes. Ada sebuah pertanyaan dari rekan lovers mania, siapa lagi kalau bukan sahabat kita pemula.

Nah, antara makan kenyang dan tidaknya sebelum di pertanyakan itu seakan membuatnya penasaran hingga berhari-hari. Kebingungan jelas pasti menghantui karena kurangnya memahmai karakter, situasi dan kondisi lovebird.

Dari sebuah pertanyaan:
Perlu makan kenyangkah lovebird sebelum naik kontes?

Jawaban:
Perlu makan kenyang, wajib makan kenyang sebelum naik ke gantangan, baik itu lovebird fighter maupun konslet.


Poin pertama manfaat dan keuntungan jika lovebird fighter atau konslet makan kenyang sebelum naik gantang yakni:


1. Semangat tenaga makin bertambah

2. Maksimal konsentrasi dalam berkicau ngekek

3. Tidak mudah loyo

4. Mengurangi kepo

5. Khusus lovebird fighter dapat mengurangi turun ke dasar sangkar saat kontes berlangsung

6. Mengurangi aktifitas rapi bulu (sisir bulu/didis) Akibat setengah lapar

7. Terhindar dari birahi nanggung

Dari ketujuh poin plus di atas yang kami dapat dari pengalaman pribadi selama memeperhati lovebird yang kami miliki saat kontes.

Lantas apakah lovebird yang sudah di nyatakn makan kenyang di area gantang masih dapat terjadi perubahan dari hasil ke tujuh tersebut.

Jawabanya dapat berubah dengan adanya kondisi cuaca yang berbeda dari sebelumnya. Hari ini berkicau maksimal, namun belum tentu hari esok dapat bekerja maksimal. Kondisi cuaca hari kemarin dan saat ini juga menjadi pertimbangan. Akan tetapi untuk porsi makan kenyang untuk lovebird kontes wajib hukumnya.


Perbedaan lovebird kurang birahi atau over birahi dan kurang makan kenyang


A. Lovebird kurang birahi saat kontes

Jika lovebird kurang birahi nampak jelas diam etah dalam kondisi tanpa aktifitas sama sekali hanya diam di tangkringan. Meski dalam keadaan kenyang, dapat terjadi kurang birahi atau demam panggung, perbedaanya sangat tipis.

B. Lovebird over birahi pada saat kontes

Jika lovebird overbirahi sudah pasti sering terjadi mesawat jika betina, gesek tangkringan jika jantan, dan di sertai rapi-rapi bulu, menggigit kaki, menggarukkan paruh atau kepala.

Dari ciri tersebut, sudah pasti masuk kategori over birahi tidak mau tenang di tangkringan jika fighter dan sama sekali tidak mau berkicau ngekek, walau satu kali harapan minim.

Efek dari pakan atau suplemen yang kurang tepat juga menimbulkan ciri seperti di atas, dan perbedaanya sangat tipis antara efek pakan kurang tepat dan over birahi.

C. Lovebird kurang makan saat kontes

Mengenai ciri lovebird saat kontes kurang makan itu sudah sangat jelas cirinya. Jika fighter sering turun ke bawah sambil menggigit-gigit entah apa yang ada di dasar sangkar. Baik itu kotoran makan atau pun kotoran bekas burung itu sendiri. Tipe setting semacam ini termasuk kurang bersihnya bawah sangkar.

Maka tidak heran jika kedapatan dasar sangkar kurang bersih namun burung bekerja maksimal, bahkan burung nagen tanpa turun ke bawah. Dan itu di sebabkan oleh burung itu sendiri yang berkualiatas fighter dan yang pasti pemilik sudah mensetingnya dengan makan kenyang, karena konsentrasi lebih terjamin.

Dan jika itu lovebird konslet kurang makan, dia akan lebih condong ke rapi-rapi bulu katimbang naik turun mencri makan. Karena kondisi burung sedang flay alias santai.


Beberaa manfaat dari lovebird makan kenyang sebelum kontes di atas juga termasuk bagian dari settingan lovebird kontes, karena untuk menunjang kinerja burung lovebird tersebut.

Baca juga: Maksut lovebird sering gigit gigit kaki sendiri

Jika sobat masih bingung untuk mengetrapkan pada karakter gacoan anda di rumah. Kami sarankan metode ini lebih condong ke burung Lovebird Fighter. Karena kualitas fighter sangat jauh perbedaan dengan lovebird konslet di area kelas gantang.

Tidak jarang di setiap area gantang sekarang sudah ada kelas tersendiri untuk lovebird fighter khusus dan lovebird bebas aksi (fighter konslet jadi satu area gantang). Maka dari itu sobat jangan samapai salah pilih mengenai tiket kelas kontes untuk gacoan anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »