pengertian dan penjelasan bolo pendem

bolo pendem versi jawa


Bolo pendem yakni bahasa istilah leluhur jawa kuno yang tidak setiap orang jawa moderen (jaman sekarang), mengetahui makna atau istilah bolo pendem tersebut. di samping bolo pendem mengandung mistis, bolo pendem juga bersifat obyek ataupun nyata dan tanpa mengandung sara.

Ketia saya berada diantara mereka, bahasa itu muncul dalam sebuah asumsi perbincangan salah seorang antar sesepuh (orang tua), barulah saya mengetahui apa itu bolo pendem yang sebenarnya. makna bahasa itu banyak mengandung falsyafah.

"mangano bolo pendem yen pingin ngerti sopo koe, sak jeroning patang puluh dino". ujarnya bpk itu. bila di jabarkan dalam bahasa nasional bermakna, "makanlah, makanan dari dalam tanah jika kamu ingin tau siapa kamu sebenarnya, selama 40 hari".


www.mysomer.com

Bolo
artinya: dalam bahasa Indonesia yang berarti Teman, Rekan, Sahabat, dan dalam bahasa jawa sendiri mempunyai persamaan kata ayakni bolo, rencang, dan konco mengandung arti sama halnya dalam bahasa indonesia tersebut.

Pendem 
artinya: dalam bahasa indonesia mempunyai arti dalam tanah, terkubur, atau dikubur yang intinya di dalam tanah.

Pengertian bolo pendem yang sebenarnya


Beberapa makannan yang tumbuh dalam tanah antara lain singkong, ketela, kacang, ubi katu, ubi garut, ganyong, kentang, bengkoang, dan lain sebagainya, itulah yang di sebutkan dalam bolo pendem (kumpulan makanan dalam tanah).

Sedangkan bolo pendem di suatu sisi mistis mempunyai arti, mengingatkan kita (manusia) teman-teman di dalam tanah, dari tanah kembali ke tanah.

Semua akan terjadi di masa yang akan datang. manusia akan mengalami terkubur di dalam tanah, seperti teman-teman yang sudah terkubur di dalam tanah, itulah Bolo Pendem yang memiliki beberapa makna dan arti.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »