cara mencetak lovebird warna unik

Tips breding burung lovebird menghasilkan warna batman, biru kobal, olive, blorok, dll.


Burung lovebird yang berwarna batman masih di bilang rana yang exsotis. namun para sobat pemula yang menekuni breding burung lovebird merasa belum bisa menemukan kunci persilangan induk. warna batman memang tidak mudah di hasilkan dengan induk segala warna, entah itu dari batman sendiri belum tentu menghasilkan anak berwarna batman pula, di luar prediksi bukan. malah sebaliknya, induk lovebird dakocan mampu menghasilkan batman dan biru cobal. warna hijau yang di anggap remeh banyak memberikan fakta.

ciri ciri lovebird warna batman terdiri dari 2 warna pada bulu bulu pada tubuh burung lovebird, yaitu:


1. Hitam.
Warna hitam terdapat pada bagian sayap kanan dan kiri, bagian kepala ful ngalung hitam ke leher, dan bagian ekor.

2. Putih.
Warna putih terdapat pada bagian dada hingga sedikit melingkar pada leher, dan punggung hingga ke bagian dalam sayap.


Bagai mana sobat, cukup menakjubkan warnanya kan. di samping warnanya unik, lovebird batman juga memiliki nilai harga yang cukup lumayan mahal di banding lovebird warna pastel kuning, lutino, kepala mas. untuk itu, mari kita simak rahasia terselubung yang belum banyak di ketahui.


Tips persilangan induk lovebird, cara mencetak lovebird warna unik: 


Dari induk warna olive, dacory atau dacocan.

1. induk betina dacory lokal vs jantan olive
Warna hijau kombinasi hitam pada bagian kepala akan menghasilkan genetik yang terdapat pada warna batman. dan warna olive akan membentuk warna cerah pada warna batman pada bagian tertentu.

2. induk betina dacory impor vs jantan olive
.
Lovebird impor yang berwarna hijau dacory, ini akan membawa potensi garis keturunan yang unik ketika di breding. bisa jadi batman, biru cobal, olive, dacory, dll. untuk saat ini warna dacory impor sudah banyak yang memburu karena ketika di breding akan menghasilkan anak berwarna unik.

3. induk dacory impor vs dakocan impor.

Induk dacory impor sangat minim akan mengeluarkan warna hijau maupun kepala mas, justru sebaliknya akan mengeluarkan warna anak yang jauh beda dengan warna induk.

4. dakocan vs dakocan.
Sobat mania kicau sempat experimen induk dakocan vs dakocan mengahsilkan warna batman dan biru cobal. di luar prediksi hasil yang di dapat dari warna sang induk, bahkan saran dari saya sempat mengeluarkan pasput (pastel putih).

5. dakocan vs pasput.
Persilangan ini cukup di bilang gampang gampang susah. namun jika berhasil sepasang dari hasil persilangan yang pernah mania kicau dapat, itu mengeluarkan anak lovebird warna blorok, batman dan pastel biru.

6. olive betina  vs jantan pastel kuning.
Tidak di sangka, induk dari olive vs pastel kuning menghasilkan warna batman ketika itu. hingga sampai beberapa keturunan selalu mengeluarkan batman, bahkan lutino pernah tampil dalm garis keturunan.

Beberapa persilangan yang di luar dugaan ternyata banyak mengahsilkan keturunan lovebird warna unik. jika sobat beruntung akan menghasilkan warna yang jauh lebih unik dari apa yang saya sampaikan tersebut.

Perlu di ketahui juga para peternak lovebird yang induk berwarna bilang kuwalitas, jika mengeluarkan warna hijau , kepala mas, pastel, jangan sampai terpancing warna anak yang tidak berkuwalitas langsung di jual. kasus ini pernah terjadi pada sobat mania kicau.

Salah satu contoh: induk batman vs drak grind kemudian menghasilkan warna dakocan,  tidak sesuai dengan hasil yang di inginkan kemudian di jual. namun, setelah memasuki masa induk, anak dakocan di persilangkan dengan kepala mas ternyata menghasilkan jauh lebih bagus dari induk batman vs drak grind tadi, melainkan keturunan biru cobal setengah batman. sayap samping kiri batman dan samping kanan biru dengan kepala hitam pekat, sungguh luar biasa.

Maka dari itu para peternak, lebih berhati-hatilah dan waspada dalam hasil persilangan yang di dapat tidak sesuai jangan terlalu terburu buru di jual. karena hasil saat ini yang buruk belum tentu kelak akan menghasilkan yang buruk pula, malah sebaliknya.

jika sobat merasa kebingungan saat proses penjodohan, metode ini bisa di coba.

baca juga: cara menjodohkan lovebird usia dewasa

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »