Tombol starter motor mati ini masalahnya dan cara mengatasi starter tidak nyala untuk segala jenis motor metic atau motor manual

starter motor mati dan cara mengatasi 


Tombol starter tidak nyala segala jenis motor metic atau motor manual gigi porsenel yang ada starter. baik sepeda motor matic atau manual yang menggunakan sistem tombol starter baik itu merek yamaha, honda, atau suzuki, kini sahabat otomotif akan berbagi pengalaman. 

Ada beberapa masalah terjadinya tombol starter motor metic atau manual mogok tidak mau nyala, otomatis mesin mati dan kebingungan terjadi. bagi seorang ahli otomotif mungkin tenang, tidak gegabah untuk mengambil tindakan. 

starter motor mati dan cara mengatasi
Tombol starter


Masalah terjadinya pada tombol starter motor  tidak konek 


Urutan yang perlu kita periksa satu persatu antara lain sebagai berikut: 

1. Sekring
Apa bila sekring putus juga dapat menyebabkan tombol starter tidak mau nyala, di sertai tanda-tanda semua lampu sepidometer tidak menyala saat kontak on. 

2. Acu/Akki
Apakah acu/akki masih dalam kondisi normal atau sudah lemah, jika terjadi acu lemah terdapat bunyi tik-tik-tik jika kita trkan tombol starter bahkan untuk bunyi tlakson/bel saja tidak kuat berbunyi lirih. ini sudah pasti acu lemah dan minta ganti. 

3. Elemen Tombol Starter
Elemen terdapat pada tombol starter di bagian depan stang kanan, dimana elemen terganggu akibat kotoran atau debu yang menempel dan sulit terjadinya gesekan atar elemen on dan of. ini juga perlu di periksa dan di bersihkan.

4. Switstarter 
Jika switstarter lemah juga tidak dapat nyala, jika starter di tekan bernada tanda cer cer cer. ini sudah pastinya minta ganti switstarter yang baru. jika switstarter masih dapat di pakai berbunyi cetik cetik cetik, jika akki tidak mengalami maslah kelemahhan. 

5. Dinamo Starter/Brostel
Jika semua sudah di periksa dan sudah baik, masalah terahir pada Dinamo starter brostel, di mana Brostel pada dinamo starter penggerak mesin tersumbat debu dan mengalami lemah atau sudah menipis aus/habis brostel tersebut. ini perlu di bongkar dan di bersihkan dengan angin kompresor, dan jangan lupa untuk mengganti brostel tersebut serta membersihkan elemen lilitan tembaga pada bagian ujungnya bisa menggunakan amplas atau jarum kecil agar gesekan brostel dan elemen dapat lancar semula. 

Terkadang acu/akki baik namun terkadang terhambat tidak nyala terkadang bisa untuk di starter, ini lebih condong ke dinamo starter, dimana brostel sudah mengalami penipisan akiat lama bergesekan.

Nah itu tadi pengalaman sahabat otomotif, semoga dapat membantu permasalahan pada motor kesayangan anda ketika starter macet. 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »