ciri ciri lovebird tipe kering dan tipe basah

ciri lovebird tipe kering dan tipe basah

Masih seputar burung lovebird, di mana burung cinta yang satu ini masih menduduki peringkat kenaikan hoby yang paling drastis semenjak beberapa tahun belakangan ini (2017). padahal, burung lovebird sendiri mempunyai ciri khas yang sangat sulit di pahami dari segi naik turunya birahi. apa lagi soal lovebird tipe kering dan tipe basah, tentu banyak wawasan untuk menyikapi dan memahaminya. 

Para master lovers mania terkadang kewalahan dari segi menurunkan birahi lovebird  ketika error sudah menduduki tingkat ob. tidak hanya berminggu-minggu, bahkan hitungan bulan baru ada perkembangan pada birahi si burung, baik itu jantan maupun betina.

Ahir-akhir ini sobat lovers menuai pertanyaan yang sangat membumbung tingggi pada ciri khas lovebird dengan tipe kering dan tipe basah. cuplikan dari media sosial grub facebook tidak sedikit para lovers mencari informasi tentang penjelasan lovebird tipe kering dan basah.

ciri ciri lovebird tipe kering dan tipe basah

Ya.., ini memang benar perlu di pertanyakan kepada empu atau master lovebird yang sudah berpengalaman merawat lovebird kontes. jangan hanya diam di tempat tanpa mencari informasi darat maupun internet, kalau ingin memprluas pengalaman memahami karakter lovebird.

Burung lovebird memiliki 2 tipe karakter perlu di ketahui, yakni tipe basah dan tipe kering. atau biasa para master lovebird menjuluki tipe  dingin dan tipe panas. dan untuk mengetahui apakah gacoanya sobat tipe basah atau tipe kering, simak penjelasan dari mania kicau.

ciri ciri burung lovebird tipe kering

  • paruh merah. segala warna paruh merah cenderung sangat menyukai cuaca panas, baik dalam keadaan di jemur maupun iklim panas. namun paruh merah juga ada yang tipe basah.
  • mandi semprot. jika dimandikan, burung tidak mau diam di tangkringan, selalu menghindar dari percikan air.
  • non mandi sendiri. mayoritas burung tipe kering jarang mau mandi sendiri dalam cepuk, bila mana mau mandi sendiri, itu terlihat jarang karena berhari-hari tidak mandi.
  • suka panas. dalam keadaan di jemur burung terlihat nyaman di tangkringan, tanpa sedikit pun rasa gelisah.
  • tidak suka kerodong. pada waktu siang hari, burung tipe kering mayoritas tidak menyukai kerodong waktu siang hari, dan di tandai dengan turun ke dasar tangkringan.
  • warna bulu nampak rapi. meskipun burung tipe kering tidak terlalu suka terhadap air, namun warna bulu akan terlihat rapi tidak acak. jika terlihat acak, ini bisa indikasi serangan kutu.

ciri ciri burung lovebird tipe basah

  • paruh putih. mayoritas lovebird paruh putih tidak terlalu menyukai cuaca panas, namun ada pula paruh putih yang menyukai panas.
  • diam saat mandi semprot. dari segi mandi sendiri maupun mandi semprot, burung nampak tenang.
  • mandi sendiri. lovebird tipe basah cenderung lebih aktif mandi sendiri, katimbang di mandikan dengan metode semprot.
  • tidak suka panas. apabila proses penjemuran lebih dari waktu biasanya akan terlihat gelisah, mondar mandir dan naik turun tangkringan.
  • suka kerodong. jika siang hari di paksa kerodong, burung akan tenang di tangkringan, walaupun sesekali turun ke bawah bila di ajak perjalanan.
  • bulu nampak kusam. rajin mandi bukan berarti bulu rapi, namun ada juga yang nampak rapi. akan tetapi mayoritas bulu nampak kusam dan pecah-pecah pada ruas selaput bulu, efek didis merapikan bulu. bila mana sudah kering akan nampak biasa semula.

Nah.. itu ulasanya sobat, mengenal lebih akrab mengenai ciri ciri burung lovebird tipe kering dan tipae basah. semoga asumsi yang kami berikan bermanfaat dan berguna untuk sobat lovers semua.

Beberapa penjelasan yang kami berikan untuk sobat lovers mania semoga lebih memahami karakter burung lovebird. pengalaman yang kami berikan mejadi tolak ukur lovebird sobat yang di miliki, dan
jangan terpaku pada paruh yang menjadi tolak ukur, karena karakter paruh putih dan merah dapat berubah di sebabkan oleh faktor perawatan dari dini yang semakin menyatu menjadi karakter burung lovebird tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »