ef untuk memulihkan stamina lovebird setelah lomba

extra fooding untuk memulihkan stamina burung lovebird akibat kecapekan setelah kontes.

Tidak sama halnya manusia yang ketika capek bekerja, butuh makanan tambahan untuk memulihkan stamina setelah kerja seharian. seperti pengamatan mania kicau terhadap burung lovebird setelah kontes usai, terkadang lesu tak ada gairah, terkadang masih semangat untuk berkicau.

Apapun kondisi burung lovebird setelah kontes, wajib kita rawat layaknya settingan sebelum kontes. dan cara mania kicau tidak begitu ribet seperti settingan ketika ingin kontes.

Perawatan yang tidak lupa dan wajib di lakukan setelah kontes yakni mandi, baik dengan cara di semprot maupun mandi sendiri. namun jarang, burung lovebird setelah kontes mau mandi sendiri tanpa di mandikan, jika tidak mau mandi sebaiknya di mandikan.

Alasan burung lovebird setelah kontes di mandikan

Mesikpun hanya di semprot pada bagian dada, ini harus wajib di lakukan. karena settingan lovebird sebelum kontes mayoritas menggunakan ef untuk mendongkrak performa kerja burung. padahal, ef sendiri mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi dan dapat mengakibatkan burung lovebird mengalami kenaikan birahi atau di sebut over birahi/ob.

Protein yang paling tinggi seperti, kuwaci, kangkung, jagung, kenari sed, dan biji fumayin. ke-5 extra fooding tersebut, bila mana pemakaian berlebihan juga mudah meningkatkan birahi burung lovebird. maka dari itu, saran mania kicau jika menggunakan ef tersebut secukupnya saja.

Ya.. itu baru ef bereaksi, belum lagi saat di area kontes melihat lawan jenis yang dapat meningkatkan birahi lovebird tersebut. maka dari itu, setelah selesai kontes maupun lomba wajib di mandikan, guna menurunkan birahi tersebut.

Dengan catatan: cara ini condong ke gacoan lovebird tunggal. jika lovebird berpasangan, cara ini tidak terlalu wajib. karena saat birahi mengalami kenaikan sudah ada pelamiasan melainkan jodoh lovebird itu sendiri.

ef untuk memulihkan stamina lovebird setelah lomba

ef untuk memulihkan stamina burung lovebird setelah kontes, yakni:

  1.  daun ginseng
  2.  daun bayam
Kedua extra foding tersebut sama-sama ampuh memulihkan stamina burung lovebird akibat kecapekaan. seperti pada postingan mania kicau saat itu extra fooding mengenai daun bayam, namun ada ef lagi yang mampu mengimbangi daun bayam, yakni daun ginseng.

Zat besi yang terkandung dalam daun ginseng dan bayam sangat bagus untuk memulihkan stamina lovebird akibat kecapekan.

cara penyajian daun ginseng dan bayam untuk lovebird

daun ginseng
Pastikan sebelum di sajikan di cuci terlebih dahulu. satu lembar atau dua lembar daun ginseng, pemberianya bisa dengan cara di suap, atau pun dengan cara di potong-potong kemudian tauh di tempat makan burung. bisa di berikan setelah mandi, maupun sebelum mandi.

Bila mana burung tidak suka terhadap daunya, sobat bisa menggunakan batangnya. dan perlu di perhatikan, tidak setiap burung lovebird mau makan daun ginseng. alangkah bainya sobat mencoba sebelum menentukan hasil.

daun bayam
Satu lembar atau dua lembar daun bayam, di cuci terlebih dahulu sebelum di sajikan. bisa dengan cara di suap, atau pun di potong-potong kemudian taruh di tempat cepuk pakan. jika tidak menyukai daunnya, sobat bisa menggunakan batang daun, atau batang pohonya.

Penyajianya sama seperti pemberian daun ginseng di atas. bisa setelah di mandikan, maupun sebelum di mandikan.

Lovebird yang ngekek adalah burung lovebird yang sehat, semoga tips dari mania kicau bermanfaat bagi sobat lovers semua. salam sehat untuk gacoan lovebird sobat, salam ngekek.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »