LEBAH HITAM HIDUP DI TANAH

Binatang Lebah - Seekor Lebah Hitam hidup di alam bebas. "Baru kali ini kami melihat Lebah berwarna hitam". Tentu di bilang unik Lebah yang satu ini, Karena berbeda dengan lebah biasa berwarna merah kecoklatan yang biasa hidup diantara pepohonan.

Hewan lebah atau di sebut tawon ini lain dari pada yang lain jenis lebah, dari sisi warna dan habitat kehidupanya berbeda dengan lebah merah di atas bergelanungan. Hewan untik kategori serangga jenis lebah biasanya hidup bergelantungan di sisi gelap di antara pepohonan yang rindang, atau bahkan di rumah pemukiman.

Tubuh Lebah Hitam bersayap mempunyai kemiripan dengan lebah pohon yang terkenal ganas sengatanya, akan tetapi lebah yang satu ini tidak terlalu agresif  untuk menyerang lawan jika mengalami darurat di sekelilingnya.

Tingkah laku hewan lebah tanah ini pertama kali di temukan di Pulau Jawa Indonesia, Kabupaten Sukoharjo, Kecamatan Tawangsari, Terletak di ketinggian 100 sampai 500 meter dari permukaan air Laut, dan hidup pada habitat koloni (bergerombol).

https://www.mysomer.com/2020/06/lebah-hitam-hidup-di-tanah.html
Lebah hitam yang unik

Fakta hewan Lebah Hitam makanan pokonya adalah serangga berjenis belalang hijau. Dengan ukuran kecil ia dapat dari pepohonan selama berpetualangan.

Lebah hitam ini membuat rumah di tanah dengan metode berlubang, dan memiliki keunikan ketika lebah hitam tersebut membawa makanan belalang hijau hingga di bawa masuk kedalam lubang sarang.

Lebah hitam tidak hanya mengumpulkan satu belalang saja sebagai makanan favoritnya, Akan tetapi makanan itu ia kumpulkan atau di timbun di dalam lubang sarang kemudian ia tutup dengan tanah galian.

Pada suatu ketia ingin memaknya, ia gali tanah kembali untuk memakan dari simpanannya di dalam lubang tanah sebagai sarangnya. Sungguh memang unik hewan Lebah Hitam dapat menabung makanan di tanah untuk persediaan makan di kemudian hari.

Meski Lebah Hitam habitatnya bergerombol di suatu wilayah tertentu, dalam satu sarang hanya terdapat satu Lebah saja. Lebah Hitam tidak hanya membuat satu sarang saja, Satu spesies Lebah dapat membuat dua lubang sarang untuk persediaan rumah berteduh dari hujan.

Tidak setiap wilayah atau tanah dapat di huni oleh Lebah Hitam, Tanah yang ia sukai adalah tanah gambut yang tidak keras dan dapat di gali setiap saat. Lebah Hitam tidak menyukai tanah keras, tanah lumpur, tanah basah, dan tanah yang mengandung kapur.

Hingga saat ini Lebah hitam masih hidup di suatu wilayah perkampungan milik warga setempat. Semakin hari semakin bertambah jumlah hitungan spesies Lebah Hitam tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »