Ciri ciri pembeli modus penipu di olx

Baru kemarin salah satu narasumber Sahabat Biogrhapy mengaku sempat tertipu oleh pembeli di olx. Lantaran menjual barang elextronik berupa kamera dslr.

Awal mula korban tidak sadar bahwa pembeli sangat meyakinkan layaknya pembeli online lainya. Pada akhirny hanyalah modus penipuan.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan kepada seluruh pengguna media online sebaiknya perlu waspada yang lebih teliti di kemudian hari karena akan berakibat fatal bahkan uang anda di dalam Rekening akan terkuras oleh tersangka. Kenali ciri pembeli modus penipuan.

Baca juga : Keuntungan dan manfaat menjadi Youtuber

Ciri penipu pembeli online di olx atau media lainya seperti facebook, instagram dan media-media sosial yang lainya.


  • 1. Barang yang anda jual tanpa di pertayakan kondisi, meliputi kelengkapan minus atau tidaknya (jika barang anda sacend). Jika barang anda baru ia langsung bertanya bisa kirim luar kota atau tidak.

  • 2. Harga yang sudah anda tetapkan tidak di nego, walaupun terjadi nego tersangka menurunkan harga dengan nominal sedikit agar kita penjual yakin benar ia tersangka sebagai membeli.

  • 3. Langsung meminta Rekening Bank, indentitas Ktp dan sim untuk di foto kemudian di kirimkan.

  • 4. Membahas tentang pengiriman tujuan barang di abaikan, korban disuruh menyelesaiakan transaksi via trasfer terlebih dahulu.

  • 5. Jika No Rek. Sudah anda kirimkan kepada tersangka, ia akan mengirim lewat Rekening ponsel (sampoerna/atau lainya)

  • 6. Setelah anda menerima bukti taransfer dari Rekening ponsel sampoerna tersebut, anda di suruh ke atm untuk aktivasi dengan kode OTP yang ia sarankan.

Logo Rekening ponsel tersangka modus penipuan pembeli online yang dapat kami informasikan ke publik. Contoh:

https://www.mysomer.com/2019/07/ciri-ciri-pembeli-modus-penipu-di-olx.html

Dari kelima ciri pembeli online penipu di atas sering kali du gunakan tersangka untuk mengelabuhi korban dengan pura-pura sudah membuktikan struk bukti transfer, agar korban di giring ke atm sementara tersangka lebih mudah bertindak.

Bahkan, jika korban tidak teliti dengan bukti transfer dari rekening ponsel atau struk transfer dari atm. Struk yag ia kirim dari Atm sebagai bukti sudah transfer, struk tersebut hanya sebuah editan.

Bagaiana kita, anda dan sobat Biogrhapy agar tidak menjadi korban selanjutnya oleh penipu pembeli inline.

Hal-hal yang perlu antisipasi pembeli nipu online di olx atau pun pembeli online lainya pada media sosial.


  • 1. Jika masih satu wilayah dalam kota, usahakan untuk bertemu PCB antara pembeli dan penjual.

  • 2. Pertanyakan alamat pembeli terlebih dahulu, sebelum melangkah ke perjanjian sistem pembayaran. Jika alamat tersangka ketika di ucapakan berbeda dengan alamat tujuan pengiriman, perlu di curigai sebelum melangkah se step berikutnya.

  • 3. Jika pembeli online bersikukuh untuk membeli online via transfer. Usahakan vidio call terlebih dahulu.

  • 4. Pertanyakan via transfer terlebih dahulu, jika antar bank biasakan untuk vidio atau mengirim bukti transfer ketika posisi di atm.

  • 5. Pertanyakan pada pemebeli terlebih dahulu jika tersangka mengirim via transfer menggunakan Rekening Ponsel, sebaiknya gagalkan saja. Sebelum anda mengirimkan rekening bank atau identitas keada tersangka.

Baca juga : Sifat kepo semakin jelas adanya komunikasi online

Modus penipuan pembeli online di olx dan media lainya seperti facebook dan lain sebagainya sudah lama terjadi, bakhan sudah banyak menjadi korban penipuan terkuras uangnya pada Rekening mereka.

Semua dapat di antisipasi sebelum menjadi korban oleh oknum pembeli yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, baik keluarga, rekan atau sesama pengguna online di beri wawasan dengan ciri di atas, agar tidak menjadi korban perampasan di media sosial.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »