Ceritaku Puasa di bulan Ramadhan

Puasa hawa nafsu lebih sulit dari pada puasa makan dan minum.

Benarkah?
Sekedar menahan makan dan minum bagi seorang menjalankan ibadah atau keyakinan, suatu hal yang sudah biasa di lakukan setiap orang, baik itu muslim atau non muslim.

Akan tetapi, sebenarnya lebih berat puasa menahan hawa nafsu menurut sahabat Biography. perbedaan yang menonjol terletak pada waktu, oleh karena itu puasa hawa nafsu di katakan lebih berat dari puasa makan dan minum, walau sebenarnya juga berat di rasa bagi yang tidak terbiasa.

Ingat, hawa nafsu, gengsi dan sombong perbedaan sangat tipis. bahkan tak dapat di ukur dengan gelombang frekuensi apapun. karena hal tersebut berasal dari keinginan dapat terjadi dengan mutlak.


Perbedaan puasa makan minum dan puasa hawa nafsu 


Puasa hawa nafsu
Berapa lama akan menahan rasa hawa nafsu, jawabanya tidak ada batas waktu yang di tentukan. walau sebanrnya ada pembatas pada suatu ketika menjalankan puasa Ramadhan selama 30 hari, setelah melewati masa Ramadhan dapat masih berlanjut puasa menahan hawa nafsu.

Itu terjadi dalam kurun waktu 30 hari, bayangkan dalam 1 hari saja setelah selesai puasa 12 jam menaham makan minum, puasa hawa nafsu masih berlanjut, hingga berhenti pada waktu anda tidur lelap. bahkan, dalam keadaan tidur pun ada nafsu merasuki alam bawah sadar anda seperti mimpi.

Pasalnya lebih sulit untuk di jalankan setiap hari di luar bulan Ramadhan, bukankah begitu menurut pemegang gengsi dan pemilik sombong.

Puasa makan dan minum
Berapa lama puasa untuk menahan lapar dan haus, maksimal 12 jam waktu normal berpuasa "Ramadhan". dalam istilah kejawean (tradisi jawa kuno) bahkan ada minimal dan maksimal, minimal 24 jam dan maksimal 72 jam (tiga hari tiga malam).

Penjabaran 12 jam sama halnya satu hari satu malam, sedangkan 72 jam sama halnya tiga hari tiga malam. dan itu tradisi yang di trapkan di zaman dahulu para orang jawa kuno, akan tetapi sekarng sudah punah.

Setelah melewati kurun waktu 12 jam menahan lapar dan minum, puasa anda di nyatakan selesai dan di perbolehkan makan dan minum seperti biasa.

Akan tetapi, puasa hawa nafsu masih berjalan meskipun anda sudah makan dan minum,
contoh kecil:

Kebetulan menu makan hari itu juga tidak cocok dengan selera anda, tanpa di sadari anda marah dengan istri atau bahkan ibu anda. apakah anda bisa menahan hawa nafsu marah pada saaat itu juga? "jawabnya Tidak sama sekali". itu hanya contoh kecil.

Lantas bagai mana ketika kejadian itu anda di suatu tempat restoran nah kebetulan makanan yang anda pesan keliru, tadinya tidak pedas menjadi pedas. sekecil apapun persoalan menahan hawa nafsu jika tidak dapat menahan/puasa, akan menimbulkan amarah di luar kesadaran anda.

Itu hanya contoh kecil, dan mungkin contoh besar akan terjadi pada diri anda jika, anda tidak memeriksa sikap anda dari awal amarah selalu mengalir di setiap darah anda.

Apa yang di sampaikan sahabat Biography semoga menjadi pembelajaran dalam menjalani hidup anda sebagai pembaca setia.

Baca juga: Persahabatan pandowa lima

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »