cara mencampur biji makanan pokok untuk ternak lovebird

cara meracik makanan pokok untuk breeding/ ternak lovebird 

Mungkin sobat lovers sudah tak asing lagi mengenai makanan pokok untuk burung lovebird yakni milet putih. di samping makanan pook yang di konsumsi untuk burung lovebird, juga tidak lepas dari makanan tabahan yakni Extra Fooding (ef ) sayur guna gizi seimbang. 

Mengenai makanan pokok dan ef untuk keseharian, pasalnya sudah begitu akrap, dan kali ini mania kicau akan sedikit berbagi mengenai cara mencampur makanan pokok bijian untuk keseharian burung lovebird ternak. 

Adapun bahan bijian yang di sediakan sangatlah sederhana, dan tanpa efek samping buruk untuk di konsumsi burung lovebird ternak.

cara mencampur biji makanan pokok untuk ternak lovebird

Langkah pertama bahan yang di sediakan yakni:

  1.  Milet putih
  2.  Kenari sed
  3.  Asinan
Cara mencampur Milet putih dan Kenari sed dengan perbandingan, 1 kilogram milet putih dan 1/4 kenari sed di campur menjadi satu. sebelum melakukan pencampuran atau sesudah alangkah baiknya di rendam terlebih dahulu dengan air agar biji yang kopong/kosong naik ke atas permukaan air, setelah terpisah kemudian di saring. 

Setelah di rendam kurang lebih 1 hingga 2 menit, kemudian sediakan koran untuk alas menjemur biji milet putih/kenari sed pada terik matahari atau dapat menggunakan media oven. pastikan benar-benar kering agar tidak lembab untuk menghindari terjadinya tunas pada biji tersebut. 

Langkah yang ke dua yakni:

Tumbuk Asinan hingga halus kemudian campurkan dengan milet putih/kenari sed yang sudah kering tersebut pada tempat toples atau kaleng bekas roti.

NB:
Asinan tidak di wajibkan di beri, namun jika di beri juga leboh bagus. pemberian asinan tanpa di tumbuk campur dengan biji milet/kenari sed, atau di berikan utuh di dalam sangkar juga bagus.

Baca juga:  fakta penjual lovebird paud koncer dan penjual lovebird dewasa koncer 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »