cara setting lovebird tipe basah dan tipe kering untuk kontes

tips setting lovebird tipe panas dan tipe dingin untuk lomba 

Seprti yang saya sampaikan, sobat lovers jangan terpaku pada paruh pada intinya dan paruh juga pengaruh untuk memulai perawatan. perawatan harian biasa cuman sedikit perbedaan antara paruh merah dan paruh putih. 

cara setting lovebird tipe basah dan tipe kering untuk kontes

cara setting lovebird tipe basah (tips setting lovebird tipe dingin) 

Untuk harian mandi setelah jemur taruh di tempat sejuk, untuk lomba pagi tapi dijemur sebentar skitar kurang lebih selama10 menit kemudian baru mandi langsung angin-anginkan setelah kering langsung krodong. 

Tidak lupa pada hari h-3 sudah di kondisikan, dalam arti tidak berdekatan dengan lovebird yang lain untuk yang sistem tunggal. namun jika sistem pasangan, selama hari h-3 masih dalam keadaan bersama satu sangkar. 

Kalau lomba siang, mandi pagi kabut kemudian di jemur 10 menit saja. perlu di perhatikan, ada juga yang tidak perlu di mandikan pagi dan itu tergantung karakter lovebird. untuk settingan ef nya yang di sukai burung dan butuh banyak dari pada tipe kering. 

Pemberian ef sistem tunggal maksimal 3 jam sebelum naik atau juga pada pagi harinya. untuk yang sistem pasangan ef di berikan pada waktu h-1 pagi hari atau sore hari dan paginya masih di berikan ef setelah pemisahan pada hari h atau sebelum. 

Jika cuaca panas jangan di semprot krodongnya, jika cuaca tidak panas bisa di semprot samar2 saja krodongnya (jangan sampai basah kuyub). 

Sampai di lapangan ckup di angin-angin kan saja. tipe basah biasanya butuh pemanasan agar ngekek, 1x atau 2 x, anamun ada juga yang tidak perlu pemanasan. setelah itu krodong lagi dan jangan berdekatan dengan lovebird yang lain. bila kontes paling bagus siang pada siang hari untuk tipe basah. 

cara setting lovebird tipe kering (tips setting lovebird tipe panas) 

Perawatan harian seperti biasa, meskipun di bawah atap asbes maupun galfalum nampak santai, biasa tipe panas menyukai dengan keadaan atau cuaca seperti itu. 

Pada hari h-3 sudah di kondisikan, dalam arti tidak berdekatan dengan lovebird yang lain untuk yang sistem tunggal. namun jika sistem pasangan, selama hari h-3 masih dalam keadaan bersama satu sangkar. 

Kalau lomba siang, mandi pagi kabut kemudian di jemur 10-20 menit. keliatan narik2 atau ngekek kemudian angin-anginkan untuk yang tunggal. sedangkan sistem pasangan perawatan sama namun dalam keadaan di pisah (ada juga dalam keadaan bersama) tergantung karakter burung. untuk settingan ef nya butuh sedikit dari pada tipe basah. 

Pemberian ef sistem tunggal maksimal 3 jam sebelum naik atau juga pada pagi harinya. untuk yang sistem pasangan ef di berikan pada waktu h-1 pagi hari atau sore hari dan paginya masih di berikan ef setelah pemisahan pada hari h. 

Mayoritas tidak butuh pemanasan untuk tipe kering (panas), dan jangan berdekatan dengan lovebird yang lain baik tunggal maupun pasangan. krodong kalau mau brangkat saja, sampai di lapangan buka krodong . jika kontes malam perawatan mandi jemurnya star mulai jam 3 sore serta pemberian extra foodingnya. 

NB:
bila ada perbedaan dari perawatan, itu hal biasa sobat, ini hanya pemahaman karakter yang biasa mania kicau pegang. pada dasarnya emang baca karakter terlebih dahulu baru memulai perawatan harian meliputi perawatan kontes/lomba. 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »