cara mengatasi lovebird setres fighter hilang dan mental drop

Cara  perawatan burung lovebird settres, yang mengakibatkan macet berkicau. waspada faktor lingkungan terkadang menjadi penyebab.


cara mengatasi lovebird setres fighter hilang dan mental drop

Terkadang kita kurang memahami karakter burung lovebird yang tidak sinkron dengan lingkungan sekitar kurang di sukai burung, bahkan perawatan mengenai pakan yang kurang baik di konsumsi oleh burung itu sendiri. dalam peberian pakan yang sudah tidak layak akibat termakan waktu, masih saja di berikan pada burung, itu perlu di
waspadai  tidak untuk di berikan sobat. tipe pakan sama halnya kita mengkonsumsi makanan yang layak dan tidak layak di konsumsi.

Burung lovebird yang semula gacor, rajin berkicau ngekek  kemudian macet pasti ada penyebab, ini di sebabkan terjadi karena faktor lingkungan dan perawatan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebagai berikut:

1.  Sangkar terjatuh.
2.  Kurang penjemuran ataupun kelebihan penjemuran.
3.  Terlepas dari sangkar, (terbang bebas).
4.  Makanan kadarluwarsa, dan kurangnya gizi seimbang.
5.  Sangkar terlalu kotor.
6.  Tangkringan kurang nyaman.
7.  Asap pembakaran.
8.  Masa breeding.

Dari kedelapan penyebab terjadinya burung love bird macet bunyi tersebut sempat di alami oleh Mania kicau ketika itu. Tanpa di duga, dari hal yang sepele di sekitar kita ternyata tidak di duga menjadi momok penyebab burung love bird macet bunyi. seperti pada nomor 7dari ciri ciri di atas yang sudah di jelaskan.

Sebelum menginjak ke tahap perawatan kita trapkan dulu niat kita sobat. Pencerahan dari sang master love bird kusumo memang sangat manjur, pada dasarnya trik yang inti di jalani dalam perawatan adalah Sabar, maka dari itu umur lovebird kusuma kurang lebih sekitar 4 tahun menginjak di tahun 2016 ini. Tanpa kesabaran kita terjauh dari keberhasilan, dan bagaimana kita bisa paham tanpa kesabaran tertanam dalam diri kita untuk mengenali karakternya siburung tersebut.

Perawatan burung love bird setres agar kembali normal anatara lain sebagai berikut:


A.  Tambahkan kesabaran dalam merawat.

Seperti yang saya jelasan di atas, tanpa kesabaran tidak akan membawa keberhasilan dalam merawat untuk kembali normal. dalam kesabaran tertanaam dalam diri kita akan mengalahkan rasa jenuh/bosan dalam merawat, karena perawatan tidak hanya 1 hari - 2 hari, 1 minggu, bahkan berminggu minggu, ataupun bulan untuk kembali semula.

B.  Ruang isolasi.

Ruang isolasi, atau tempat untuk menyendiri burung love bird. dalam keadaan menyendiri burung akan merasa tenang, untuk fokus mengembalikan jati dirinya semula drop. bila mana sobat merasa kebingungan soal tempat, mungkin tempat sanak saudara menjadi solusi untuk menyendiri si burung, dengan catatan bila mana memiliki burung lovebird lebih dari satu ekor ini bisa di trapkan. cara ini guna agar burung tidak berangsur drop karena berhadapan atau terdengar burung love bird yang lainya

C.  Pemberian Exstra Fooding (ef).

Ada beberapa ef yang menjadi makanan kesukaan burung love bird seperti jagung dan kangkung. sedikit banyaknya sobat lovers pasti paham bahwa kedua makanan yang mengandung vitamin terseburt sangat baik di konsumsi oleh burung love bird. berikan ef  yang di sukainya, 3 hari berturut-turut, selepas tiga hari kemudian berikan 2 hari sekali kali. jika sudah ada perkembangan dalam 1 minggu hingga 10 hari, berikan 2 kali dalam satu minggu. untuk pakan biji-bijian cukup berikan millet putih. 

D.  Embun pagi dan mandi pagi.

Pengembunan di lakukan pada pukul 05:00 - 05:30, bila mana cuaca baik. lakukan pengembunan ini setiap hari, karena pengembunan juga bagian dari settingan lovebird para juara. setelah pengembunan di lakukan, tahap selanjutnya mandi pagi sperti biasa. jika burung tidak mau mandi sendiri, bisa di mandikan dengan cara di semprot. untuk penjemuran cukup 15-20 menit, selanjutnya di angin-anginkan.

selama pemulihan setamina tidak di anjurkan untuk di umbar sobat, untuk umbaran bisa di lakukan setelah satu minggu setelah masa pemulihan.

E.  Mandi malam.

Mandi malam di lakukan setelah satu minggu terahir setelah masa pemulihan setamina. banyak manfaat mandi malam burung lovebird, terutama memulihkan mental fighter dan rajin berkicau. waktu untuk terapinya bisa di lakukan antara pukul 8 malam atau 10 malam. cukup basah saja, tidak terlalu basah kuyup dalam memandikan.


Nah.. itu tadi sobat, cara mengatasi burung lovebird sters, fighter hilang, mental drop, cara mania kicau semua hanya natural (alami). dan untuk lamanya waktu pemulihan tidak setiap burung sama, terkadang hanya satu minggu sudah mulai kembali normal, terkadang berminggu-minggu tergantung fisik burung tersebut. 

Bila mana burung love bird sobat mengalami seperti gejala-gejala di atas, secepatnya segera di atasi agar tidak mengalami drop berkepanjangan.  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »