Cara terapi burung lovebird mandi air hujan dan manfaatnya

Ritual mandi air hujan untuk burung lovebird.



Belajar dari love bird sang Legendaris. Seputar perawatan burung lovebird yang di lakukan lovebird kusumo tidak lepas dari ritual mandi air hujan, itu yang di lakukan Pak H Sigit Marwanta (pemilik) ketika berbagi ilmu di media sosial saat itu. Tidak hanya mania kicau saja yang mendapatkan ilmu dari pak Haji, beberapa sobat lovers lainya juga mendapatkan ilmu, manfaat dan hasilnya setelah menerapkan ilmu tersebut.

Mania Kicau tidak lupa mengucapkan rasa terimakasih kepada pak H Sigit yang sudah memberi ilmu kepada kami semua, dan ilmu itu kami bagikan kepada seluruh para penghoby kicau mania khusus lovebird mania.

Cara terapi lovebird mandi air hujan :


1.  Lakukan terapi ini dengan kondisi hujan tidak terlalu lebat (sedang). di usahakan dalam kondisi waktu kurang dari jam 5 sore.

2.  Terapi di lakukan langsung dari tetesan air hujan, tidak di anjurkan dalam kondisi air yang langsung menetes di genteng maupun talang.

3.  Kurang lebihnya selama 5 menit sampai 30 menit, sesuai tingkat kenakalan burung yang harian tidak mau tenang di tangkringan ketika kontes. dan  keinginan pemilik burung yang di inginkan. tidak dianjurkan lebih dari 30 menit. dan tidak lupa, jika lebih dari 5 menit wajib di berijeda 1 menit berteduh agar burung bernafas sejenak, kemudian di lanjut terapi air hujan kembali.

4.  Setelah burung terapi air hujan, kemudian di bilas dengan air biasa, dengan cara di semprot atau dengan cara di pegang tangan. ini guna menghindari kadar garam yang menempel pada bulu burung. dan tidak lupa sangkar juga ikut di bilas dengan air biasa, guna menghindari karat berkelanjutan.

5.  Air yang menempel di seluruh sangkar di bersihkan dengan kain atau kanebo yang kering. dan yang pasti tempat kotoran juga di bersihkan, agar burung merasa nyaman (tidak lembab akibat kotoran).

6.  Masukan air minum beserta pakan. Guna mendapatkan energy, kebiasaan setelah mandi burung merasa lapar dan dahaga.

7.  Tahap berikutnya, burung di angin-anginkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah waktu di angin-anginkan serasa sudah cukup, kemudian di krodong dan masuk ke rumah tempat biasa burung singgah.


Perhatian :
Ritual mandi air hujan ini di lakukan 1 kali dalam 1 minggu maupun 2 kali dalam 1 minggu, dan tidak di anjurkan setiap hari walaupun ketika hujan tiba. Bilamana tidak datang air hujan, sobat bisa membuat hujan buatan dari air kran. Peralatan yang di butuhkan selang dan sower. Air yang keluar dari kran di usahakan seperti layaknya air hujan turun dari langit. Posisi penyemprotan dari belakang, samping kanan/kiri, beri jeda sekitar 1 menit untuk bernafas kemudian bisa di lanjut lagi dan seterusnya. andai burung sudah terapi air hujan, untuk malam harinya tidak usah dimandikan.

Beberapa manfaat dari mandi air hujan yang kami perhatikan sebagai berikut:

.  Memulihkan mental Fighter pada burung yang semula fighter di kontes kemudian mengalami drop. metode ini sangat bagus di trapkan guna memulihkan setamina.
.  Menurunkan birahi (setabil). sangat bagus jika burung lovebird mengalami over birahi di lakukan terapi mandi air hujan ini.
.  Tenang di tangkringan. Kenakalan lovebird yang sulit tenang di tangkringan lebih-lebih di sertai ngekek, metode terapi ini mampu membuat lovebird tenang di tangkringan.
bahkan kicau suara. Jika sobat tips ini di lakukan dengan sabar dan konsisten, maka akan membuahkan hasil pada burung lovebird yang semula macet berkicau menjadi pulih kembali.
Burung menjadi cerewet (rajin berkicau), tubuh kelihatan fres. Keesokan harinya burung akan semakin rajin berkicau nampak riang gembiara.


Nah itu tadi Sobat,  tips cara memandikan burung lovebird dengan air hujan dan beberapa manfaat dari terapi mandi air hujan. dan perlu di ketahui para sobat lovers, jika hendak memandikan lovebird pastikan burung dalam kondisi sehat (tidak sakit). jika sobat lovers lalai dalam metode terapi ini akan mengakibatan fatal, berdampak buruk kematian jika burung tidak benar-benar kondisi fit. karna air hujan yang begitu dingin sama halnya air dingin yang keluar dari kulkas. maka dari itu sobat benar benar cermat pada burung lovebird sebelum melakukan terapimandi air hujan.

Tips dari kami semoga bermanfaat untuk sesama hoby kicau mania yang lainya.
salam sukses lovers mania ngekek..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »