cara mengatasi lovebird agar tidak turun tangkringan

Tips mengatasi burung lovebird agar tidak turun ke dasar tangkringan.

tips mengatasi burung lovebird turun tangkringan
gambar   A

Burung lovebird ketika kontes berlangsung selalu turun tangkringan memang bukan hal yang biasa, namun luar biasa membuat penat sang pemilik burung, tentu saja begitu. Perlu di mengerti sobat lovers, 80% burung lovebird yang suka turun tangkringan berjenis kelamin jantan, karena mayoritas jantan identik dengan mengejar lawan jenisnya, tidak mau tenang di tangkringan dan merayap di jeruji. ini bisa dikatakan over birahi.

Lain lagi yang berjenis kelamin betina, namun juga bisa turun tangkringan dan merayap di jeruji seperti jantan, dan betina tak separah layaknya jantan sepeti kebingungan. betina turun hanya sekedar melihat reaksi jantan apakah agresif terhadapnya atau tidak.

Ciri-ciri lovebird betina over birahi, yakni sayap menyerupi pesawat yang melambai-lambai begitu amat santai. dan  ciri-ciri lovebird jantan over birahi yakni lebih aktif gesek tangkringan dan selalu kebingungan (tidak mau tenang). ini paling sering kita jumpai burung lovebird yang di katakan over birahi tingkat atas. burung lovebird yang birahi sebenarya bukan karena garis keturunan, melainkan karakter burung lovebird memang seperti itu dan karena di namakan burung cinta.

Baca juga : Cara mengatasi lovebird over birahi.

Kasus seperti di atas tak hanya sedikit para lovers mania yang mengalami hal serupa yang di uraikan pada kalimat di atas tersebut. pada dasarnya burung lovebird adalah burung Cinta, kita maklumi karna hewan tidak punya naluri seperti halnya manusia. maka dari itu kita harus benar-benar memahami karakter si burung lovebird dalam perawatan.

Ada beberapa metode untuk tips cara mengatasi burung lovebird agar tidak turun tangkringan, antara lain sebagai berikut:


1.  Sediakan karpet talang (karpet tahan air) yang berwarna merah. karena warna merah paling di takuti burung lovebird. 

2.  Karpet di potong melingkar, dengan diameter ukuran tebok sangkar maupun diameter sangkar (dasar sangkar). seperti gambar A. tingkat kenakalan turun kebawah lebih aktif.

3.  Penempatan karpet pada sangkar bisa seperti gambar A di atas, maupun seperti gambar B di bawah, tergantung tingkat kenakalan lovebird. untuk gambar B, tingkat kenakalan turun tidak terlalu aktif (sedang).


4.  Karpet di basahi dengan air (samar-samar) hingga merata, dengan catatan burung tidak terlalu aktif  turun kebawah maupun yang aktif kebawah. jika tidak di basahi burung lovebird sudah takut, tidak perlu di basahi. namun,!! jika tidak di basahi, maupun di basahi masih mau turun ke bawah, metode air di rubah menggunakan minyak goreng yang seteril (baru). cukup di oleskan merata pada bagian karpet hingga merata.

5.   Pemasangan karpet wajib di lakukan ketika burung di konteskan (untuk lomba). untuk harian di rumah tidak di anjurkan karpet terpasang, guna menghindari burung lebih akrap dengan karpet karena otomatis burung tidak takut.

tips mengatasi burung lovebird turun tangkringan
gambar   B

Dengan adanya metode di atas burung akan merasa risi jika mau turun kebawah. sobat bisa mempraktikan tips yang kami berikan tersebut. Mania Kicau sempat membuktikan tips di atas, bawasanya burung lebih aktif di bawah, setelah saya praktikan idde kami memang membawa perubahan yang begitu drastis ketika burung lovebird di konteskan, tidak seperti biasanya yang selalu aktif turun kebawah.


Sebenarnya ada metode lainya, selain memakai karpet. yakni Ranjau (karpet mika bergerigi), model ranjau seperti halnya karpet yang melingkar di dasar sangkar. namun menurut kami kurang efisien, karena ketika ranjau di pasang saat kontes belangsung nampak kelihatan sangkar kurang rapi. namun jika sobat lovers ingin menerapkan ranjau juga tidak masalah. mana yang lebih baik buat sobat lovers untuk karakter burung yang pas.


Nah itu tadi tips dari kami sobat, semoga bermanfaat bagi kita sesama kicau dan sesama hoby. semoga burung lovebird gacoanya yang nakal lekas teratasi, dan bertambah moncer untuk ke depanya. Salam kicau Mania.??

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »