Cara mengatasi burung kicau sakit dan ciri ciri burung sakit

Ciri ciri burung kicau sakit dan cara mengatasiny.


cara mengatasi burung sakit

Berbagai cara sobat kicau dilakukan agar burung yang menjadi idolanya sembuh dari sakit nafas, kurus maupun berak kapur. Lebih-lebih Lovebird kalau sudah sakit rentan untuk bertahan hidup kalau tidak segera di atasi. sering terjadi kematian jika kurang memahami cara merawat burung yang sedang sakit.

Seiring perubahan cuaca yang exstrim, terkadang panas terkadang dingin mudah sekali burung kicau terserang sakit. Cuaca yang tidak menentu sobat lovers alangkah baiknya selalu sedia obat antibiotik agar burung selalu fit terkondisi. Adapun merek obat yang sudah di sediakan di beberapa toko pakan burung terdekat dengan kategori fit (sehat) sudah semakin banyak. Sobat tinggal pilih dengan pilihan yang menjadi keyakinan tersendiri, atau saran dari teman.

Tahap berikutnya, Mania kicau ingin berbagi pengalaman pribadi cara mengatasi burung sakit. Tips yang kami berikan dengan cara memberi obat antibiotik ketika burung memasuki tahap kritis
maupun masih dalam keadaan tanda-tanda gejala sakit, Dan Alhamdhulillah hasilnya berangsur membaik (sembuh). Semua butuh kesabaran, ketekunan, teliti, dan ulet dalam merawat burung yang sedang sakit.


Ciri ciri burung sakit, atau tidak sehat:


  • Nampak lesu. Aktifitas burung tidak seperti biasanya yang semula lincah.

  • Dalam kurun waktu beberapa hari burung tidak mau bunyi (volume kecil/serak). indikasi inveksi saluran pernafasan

  • Berak kapur atau diare, Tak seperti biasanya saat buang air besar.

  • Nafsu makan berkurang, ketika makan di muntahkan kembali.

  • Susah bernafas, (ngos-ngosan).

  • Mata berair, nampak sayu.

  • Bulu menggembung, di tandai dengan selalu di bawah tangkringan (dasar tangkringan).

  • Kepala di sembunyikan di balik punggung pada waktu siang hari (nampak tidur berkepanjangan), dengan tubuh bergemetar disertai suara ngorok.



Gejala seperti di atas tidak hanya pada burung lovebird saja atau burung pemakan biji-bijian lainya seperti canary, kutut, gereja dll, melainkan seperti burung kicau pemakan serangga seperti cendet, kacer, murai, cucak hijau dan lain sebagainya.

Langkah cara mengatasi ciri ciri burung sakit dan gejala sebagai berikut:


  • Sediakan obat antibiotik merek super-N. Kenapa mania kicau menyarankan pakai super-N..? Sejak tahun 2015 silam mania kicau sudah mempercayai menggunakan obat antibiotik produk super-N ketika burung mengalami sakit, baik itu yang kritis maupun masih kondisi gejala. Produk super-N sangat bagus untuk segala jenis burung kicau, dari tipe burung kecil sampai burung tipe besar, dan dari burung pemakan biji-bijian sampai burung pemakan serangga.

  • Cara pemakaian produk super-N, 2kali sehari (pagi dan sore). Untuk burung kecil seperti pleci, kenari, lovebird, Glatik, gereja,dll. Berikan 2-3 tetes pada tempat minum kemudian campur dengan air minum yang sudah di masak (dingin), air Cukup sampai setengah cepuk saja. Ini jika si burung belum terlanjur sakit parah atau masih gejala, jika sudah terlanjur sakit parah super-N langsung di teteskan ke mulut burung antara 1-2 tetes.
    • Jika untuk burung besar, seperti cendet, kacer, murai, merpati, kutut, cucak Ijo,dll. Pemberian super-N, 2kali sehari (pagi dan sore) Berikan 3-5 tetes pada tempat minum kemudian di campur dengan air yang sudah di masak (dingin), air sampai setengah cepuk saja, bila mana burung belum sakit parah. Di lakukan Selama kurun waktu 5-1 minggu sampai kondisi burung benar-benar sembuh. Jika terlanjur parah, bisa langsung di teteskan ke mulut dengan ukuran 2-3 tetes.


    Perhatian
    tidak dianjurkan pemberian pada burung yang sehat (kondisi stabil).

    Semoga tips ini bermanfaat untuk semua sahabat kicau mania, kita ambil dari sisi pengalaman dan ilmu Tips cara mengatasi burung sakit yang mania kicau bagikan. 

    "Ilmu yang di bagikan
    Pasti ada pengalaman".

    Sumber obat produk: super-N
    E-mail: ybasku@yahoo.com

    Share this

    Related Posts

    Previous
    Next Post »