Cara mengatasi lovebird ob - sayap pesawat

Tips  burung lovebird yang over birahi, perlu kesabaran yang tinggi dan penuh konsekuen dalam merawat.

Cara mengatasi lovebird over birahi

Beberapa topik yang menjadi sorotan penuh pertanyaan para lovers mania yaitu ketika burung lovebird kesayangnya naik tingkat over birahi. Seperti yang di jelaskan mania kicau.

Merawat burung lovebird kontes memang di bilang susah-susah gampang. Para kicau mania yang sudah bertahun-tahun mendalami kicau burung murai saja sempat bilang paling susah garap burung lovebird untuk kontes.

Salah satu contoh cara setting lovebird kontes kurang memahami karakter burung, birahi sudah naik masih saja exstra Fooding di beri secara berlebihan. Menanggapi situasi seperti itu hampir rata-rata lovers mania merasa kesulitan memahami yang sebenarnya. Apalagi kalau kakter burung yang sudah Ob seperti gambar, ini benar-benar butuh kesabaran untuk merawat agar pulih kembali normal.

Ada beberapa tips dari mania kicau yang sempat di jelaskan pada post tentang mandi malam, baca juga: manfaat mandi malam burung lovebird, jika ini di lakukan setiap hari maka akan mengurangi tingkat terjadinya over birahi.

Sobat lovers mungkin sudah banyak tau tentang tanda-tanda lovebird over birahi. Cara yang kami berikan tidak jauh dari terpi mandi malam dan beberapa tips cara mengatasi love bird obsebagai berikut:


1. Mandi malam rutin setiap hari (terapi/ritual mandi malam). mania kicau biasa melakukan mandi malam rutin antara jam 20:00 - 22:00, itu kalau burung tidak mengalami ob. Namun jika burung lovebird yang sudah Ob, terapi mandi malam di lakukan lebih dari pukul 22:00, maksimal 01:00. Tidak usah menunggu kering, langsung di kerodong.

2. Pakan cukup milet putih saja untuk harian, (eceran / kg an),  mania kicau tidak mengajurkan milet putih yang kemasan. Dan exstra Fooding (jagung/kangkung) berhenti untuk sementara.

3. Usahakan burung dalam keadaan menyendiri, jauh dari burung lovebird yang lainya. Baik itu suara maupun bertatap muka antar sesama lovebird. Proses terapi dari 1,2,3,4 membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu.

4. Yang ke empat ini, membutuhkan waktu yang sedikit berat di lakukan. Yaitu terapi embun pagi di lakukan setelah adzan subuh, sampai fajar tiba. Pukul 06:00 pagi, kemudian burung di mandikan sampai basah kuyup. Kurangi penjemuran yang semula 30 menit sampai 1 jam, sekarang cukup 10-15 menit dan selanjutnya cukup di angin-anginkan.

5. Langkah yang ke lima, masuk umbaran setelah mandi pagi. Jika umbaran ukuran 180-200 cm, burung terbang bolak balik sekitar 150-200 kali. Jika ukuran umbaran lebih dari 200cm (2m lebih) cukup 100-150 kali. Ini dilakukan setiap hari, sampai benar2 burung terkondisi pulih.

6. Jika tips diatas belum ada perubahan, ini menjadi tips yang terakhir. Burung wajib di berikan pasangan, agar birahi terlampiaskan. Jika ingin di konteskan malam hari H-1 tinggal di pisah dan di jauhkan dari pasanganya.

Diantara tips di atas mungkin sobat lovers sudah ada yang menerapkannya, jika ada yang kurang bisa untuk di coba. Tips dari mania kicau semoga bermanfaat bagi sobat lovers. Tidak ada kesuksesan yang di bangun dengan penuh kesabaran. Hanya kesabaran yang akan membawa sobat lovers menuju kesuksesan. 
Salam ngekek...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »